About Me

vacationguidevisit

Choose what best fits to your criteria for traveling. We make it easy for everyone who need information on avonturguide here!
I am an ordinary people with interest in traveling, social wellfare, global issue and writing.

by Karlina

Hobi traveling mungkin menjadi hobi paling hits yang disebutkan banyak orang. Nyatanya, tidak semua orang yang menyebutkan hobi traveling, benar-benar sudah  ‘traveling’. Atau bisa jadi memang sudah benar-benar traveling, tapi menunggu jika kebetulan ada tiket promo pesawat. Jika anda adalah salah satu  pehobi traveling, tips dan trik berikut ini akan membantu anda dalam merencanakan budget perjalanan yang ekonomis, sehingga mimpi anda bisa segera terwujud! “Traveling equals fun, therefore planning the budget for it should also be fun!”

Tentukan Destinasi Prioritas & Lama Perjalanan

Buatlah prioritas destinasi dari daftar tujuan impian anda. Saya yakin, anda pasti akan terlena dengan banyaknya tempat indah untuk dikunjungi. Berkonsultasi dengan teman sesam travler atau komunitas traveling online bisa membantu menentukan prioritas. Mereka bisa merekomendasikan tempat yang benar-benar layak dikunjungi, untuk memberi pengalaman baru dalam perjalanan anda kali ini. Semakin banyak titik yang ingin dikunjungi dalam waktu terbatas maka akan semakin besar biaya transportasi, akomodasi, dan biaya lainnya. Akan lebih baik jika anda tidak terlalu banyak berpindah lokasi. Pasatikan jumlah  hari libur atau cuti yang akan digunakan. Bila anda memilik waktu yang cukup panjang, cobalah untuk tinggal paling sedikit 3 malam di sebuah kota untuk benar-benar mengalamai kultur dan atmofirnya sehingga memiliki kesan yang diperoleh akan lebih membekas.

Tentukan Tujuan Traveling

vacation-guide-coverBagi saya, tujuan traveling adalah untuk mencicipi keunikan kuliner di berbagai tempat yang saya kunjungi. Makanan menjadi sebuah ciri khas dan memberikan pengalaman dan cerita tersendiri dari sebuah tempat. Namun sayangnya makanan seringkali cukup mahal. Untuk menyiasati ini, saya mengorbankan kenyamanan akomodasi dan transportsi. Saya rela menginap di hostel dorm berbagi kamar degnan 5 orang traveler lain bahkan mencari tumpangan gratis atau berjalan kaki kemana-mana supaya saya bisa alokasikan dana yang ada untuk bisa mencoba sepanci mussels in a garlic white wine sauce seharga 25 euro di sebuah restoran seafood di Rue des Bouchers, di sebelah utara Grand Palace, Brussels, Belgia. Sama halnya bagi para pecinta sejarah dan seni, sudah pasti akan mengalokasikan biaya lebih untuk tiket museum dan pertunjukan seni atau konser. Untuk ini anda dapat mencermati website untuk mencari diskon tiket. Beberapa museum besar di Eropa seperti Louvre di Paris biasanya memberikan diskon besar di hari dan jam tertentu bagi para pengunjungnya. Menikmati keindahan alam atau mencoba tantangan ekstrim di berbagai negara menjadi tujuan traveling yang menarik. Nah, tentukan tujuan traveling untuk mempermudah prioritaskan alokasi dana diperoleh akan lebih membekas.

Tentukan Moda Transportasi Ekonomis

Biaya transportasi adalah bagian yang paling besar dalam budget traveling. Proporsinya mencapai 1/3 bahkan setengah dari total budget. Mengambil contoh perjalanan saya traveling keliling Eropa, budget akan jauh lebih efektif dan murah bila mengombinasikan hi-speed train dengan budget airlines. Mulailah kunjungi website budget airlines yang menjangkau rute-rute tujuanmu secara reguler, karena promo menarik sering diumumkan di waktu-waktu yang tak terduga. (Budget airlines Eropa : Easyjet, Vueling airlines, Ryan airlines). Jangan lupa periksa airport tempat budget airlines mendarat, karena posisinya terkadang jauh dari pusat kota, sehingga akan ada biaya transportasi tambahan. Beberapa situs menarik seperti skycanner.com juga bisa membantu anda membandingkan harga tiket berbagai maskapai dan mengombinasikan beberapa penerbangan sesuai dengan kebutuhan. Biaya tiket termurah untuk perjalanan jauh biasanya didapatkan dari waktu transit yang lama dan banyaknya jumlah connecting flights. Cara ini memang cukup memakan waktu dan energi

Cara ekonomis lainnya adalah dengan kombinasi moda transportasi lain, seperti jalur kereta dan bis. Anda dapat mempertimbangkan jadwal perjalanan malam hari dengan bisa malam atau sleeper trains (cara ini semakin popular di rute Indo-Cina) sehingga anda menghemat biaya akomodasi. Sesuai dengan pengalaman saya keliling Eropa selama 70 hari, memadukan moda transportasi benar-benar membantu saya mengurangi biaya perjalanan. Selama 2 bulan persiapan, saya mengakses informasi peta jaringan kereta, jadwal keberangkatan, hingga harga tiket, dari website resmi Eurail (www.eurail.com) atau langsung datang ke kantor perwakilan Eurail di Jakarta. Representatif mereka sangat bersahabat dan membantu saya dalam menyusun jadwal dan rute ekonomis.

Jika anda berencana keliling Asia, beberapa negara yang berbatasan, misalnya di Asia Tenggara, juga sudah cukup lama mempopulerkan rute transportasi antar negara dengan jaringan bis dan kereta api. Kereta Transiberia juga mulai menjadi alternatif menarik bagi para travelers yang ingin menjelajah wilayah Aisa-Rusia lewat jalur darat. Terdapat beberapa sumber informasi online mengenai transportasi dan rute murah, cepat dan terpercaya untuk berbagai negara di dunia, contohnya http://www.seat61.com

Tentukan Akomodasi Ekonomis

vacation-guide-eurekaPerencanaan akomodasi sangat penting dilakukan. Pengalaman saya merencanakan tempat tinggal selama keliling Eropa membantu saya memotong budget akomodasi. Menghubungi teman-teman lama yang berdomisili di luar negeri dan juga membuka jalur networking dengan sesama traveler/backpackers sangat bermanfaat. Contoh jaringan online backpacker dunia yang sering menjadi referensi adalah Couchsurfing.com dan HospitalityClub.org. biasanya sesama anggota akan membuka tempat tinggalnya secara Cuma-Cuma bagi travelers yang hendak singgah di kota mereka. Tidak hanya itu, terkadang mereka bahkan menawarkan diri untuk memandu perjalanan kita. Bayangkan kesempatan ekstra melalui pertukaran pengetahuan tentang budaya lokal yang didapatkan langsung dari tuan rumah selama kita singgah dan menumpang beberapa hari.

Alternatif lain adalah akomodasi ekonomis, seperti hostel dormitory dimana anda akan berbagai kamar dengan 4-8 travelers dengan format ranjang susun. Hotel dorms akan memberikan kesempatan untuk bertemu dengan traveler dari berbagai belahan dunia. Pernah suatu kali ketika mengunjungi kota Florence di Italia, saya memutuskan untuk memilih kamar dormitory mix (campur) yang lebih murah hampir 5 euro permalamnya dibandingan dengan dormitory khusus perempuan. Ternyata pengalaman yang saya dapatkan dengan pilihan akomodasi ini justru lebih kaya dan penuh warna dimana saya bisa sekamar dan berbagi cerita, budaya dan makanan dengan kakak beradik dari Brazilia dan dua orang calon dokter dari Puerto Rico yang sedang traveling. Beberap situs yang sering saya gunakan untuk mendapatkan informasi tentang hostel atau akomodasi terjangkau lainnya lengkap dengan tertimonial dari tamu-tamu sebelumnya antara lain adalah http://www.hostelworld.com dan http://www.hostelbookers.com

Akomoasi yang lebih murah juga sering kali bisa dijumpai ditempat-tempat yang berada diluar pusat keramaian atau wilayah turis. Yang pernah saya coba adalah beberapa camping ground di Eropa. Anda diperbolehkan untuk membawa perlengkapan camping sendiri atau menyewa dan berbagi tenda permanen yang berisi 4 ranjang susun yang cukup nyaman. Jangan khawatir, camping ground tersebut biasanya dikelola dengan baik dan memiliki fasilitas lengkap seperti kamar mandi, toilet dan restoran. Harga yang ditawarkan hampir separuh dari biaya sewa kamar di hostel dormitory dan anda bisa mendapatkan pengalaman baru dan unik dengan mencoba berbagai jenis akomodasi selama perjalanan.

Empat hal utama tadi sangat penting untuk membuat budget traveling anda tidak membengkak. Jika ingin mengestimasi biaya perjalanan di suatu negara per harinya. Anda bisa mencoba beberapa situs yang menyediakan budget travel calculator, salah satunya adalah http://www.solotravel.org/travel-budget-calculator.htm Nah, sekarang saatnya merencanakan budget traveling anda. Kini waktunya untuk menghidupkan mimpi-mimpi anda terbang keliling dunia dan ‘go beyond the ostcards on your fridges’

It’s All About The Money

Saya punya pengalaman membawa seluruh budget traveling ke Eropa selam 3 bulan dalam bentuk cash karena ketidakpedean saya akan kartu ATM lokal saya dan kartu kredit dengan limit yang terbatas. Namun saya sungguh tidak merekomedasikan membawa uang kontan dalam jumlah besar karena anda bisa kesulitan dalam mengontrol pengeluaran. Resiko kecopetan pun cukup tinggi dan pada akhirnya bisa menyulitkan perjalanan anda, berikut beberapa tips tentang pengaturan keuangan selama perjalanan anda.

. Biasakan untuk mencatat pengeluaran di setiap kota yang kamu kunjungi dalam sebuah buk saku perjalananmu-selain untuk memastikan kamu tidak kehabisan uang sebelum akhir perjalananmu. Memang dibutuhkan sedikit kedisiplinan.
 
. Dana yang dibawa dapat dibagi dalam beberapa bentuk, yaitu cash, kartu kredit, kartu debit, travler’s cheques dan transfer uang cepat lewat Western Union.
 
. Pastikan anda membuat akun bank yang ATM nya memiliki afiliasi dengan bank-bank asing sehingga bisa mengurangi biaya penarikan lewat ATM. Sangat direkomendasikan untuk mempunyai kartu ATM atau crdit card cadangan yang diseimpat di tempat aman dan terpisah dari sompet kalau-kalau kartumu tercuri atau tertelan mesin ATM. Perlu diingat-ATM yang tida kberafiliasi dengan jaringan bank di Indonesia akan mgenakan biaya penarikan yang cukup tinggi. Pastikan anda mempunyai dana yang cukup dalam rekening dan lakukan penarikan dalam periode tertentu untuk menghindari bank fees.
 
. Konversi mata uang oleh money changer seringakli tidak menguntungkan. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi di internet untuk membandingkan nilai tukar dan mencri tempat terbaik di kota terdekat untuk mendapatkan uang lokal dengan rate terbaik. Untuk situasi darurat, pastikan keluarga atau orang terdekat tahu prosedur pengiriman uang cepat lewat agen pengiriman seperti Western Union yang memungkinkan anda menerima kiriman uang darurat dalam hitungan menit denga nhanya menunjukkan identitas diri di tempat umum  seperti bank, supermarket besar, kantor pos, atau bandara dengan logo Western Union Buatlah panduan singkat lengkap dengan kop identitas diri seperti paspor, daftar perjalanan, dtil kontak dan alamat tempat tinggal selama perjalanan anda.
 
. Untuk perjalanan panjang lebih dari satu bulan, pastikan keluarga dan orang terdekat dan membayar tagihan tepat waktu agar kartu kredit tetap dapat digunakan.

romantic-getaway

   

20 Responses to About Me

  1. Pingback: Hihglight Wisata Hongkong, Taiwan, dan China | nykarlina

  2. Pingback: Wisata Alam dan Sejarah China | nykarlina

  3. Pingback: Wisata unik dalam sehari | nykarlina

  4. Pingback: Warisan alam | nykarlina

  5. Pingback: Uji sake di ARASHIYAMA | nykarlina

  6. Pingback: PELESIR | nykarlina

  7. Pingback: YERUSALEM | nykarlina

  8. Pingback: New York | nykarlina

  9. Pingback: UPPER EAST SIDE | nykarlina

  10. Pingback: World Gourmet Summit 2014 | nykarlina

  11. Pingback: Begitu Banyak Kejutan, Hanya di Singapura | nykarlina

  12. Pingback: Brazil | nykarlina

  13. Pingback: 1001 Pesona Kawasan Karst | nykarlina

  14. Pingback: Jalan-jalan |Menikmati “Rekaman” Aachen, Memahami Jati Diri Kota | nykarlina

  15. Pingback: 8 Inspiring Natural Wonders | nykarlina

  16. Pingback: Kisah Kasih Ibu di Dunia | nykarlina

  17. Pingback: INFO KLASIKA | nykarlina

  18. Pingback: Asinan Sukabumi | nykarlina

  19. Pingback: Transportasi | nykarlina

  20. Pingback: Teropong | nykarlina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s