Berwisata ke Selatan Dunia

Disadur kembali oleh Karlina

kakadu national park

kakadu national park

Peradaban modern kerap diidentikan dengan negara-negara Eropa, baik di Eropa maupun Amerika Utara. Sebenarnya, ada pilihan lain yang tak terlalu jauh jika ingin mencicipi nuansa eropa. Silakan berkunjung ke negara-negara di belahan bumi selatan yang relatif dekat ke Indonesia, yaitu Australia dan Selandia Baru.

Bicara tentang Australia, asal-muasal namanya dapat dilacak hingga masa kekaisaran Roma. Kala itu hidup legenda tentang “terra australis incognita” atau tanah tak dikenal di selatan. Kata “australis” dalam bahasa Latin berarti “sebelah selatan”. Dengan maraknya ekspedisi mencari dunia baru untuk ditaklukan, tanah yang luas di belahan bumi selatan ini kemudian dikenal sebagai Terra Australis.

Menurut Wikipedia, catatan tertua yang menyebut kata “Australia” berasal dari tahun 1625, ditulis oleh Master Haklyut. Abad ke-17 hingga ke-19 menjadi masa terbentuknya koloni-koloni di berbagai wilayah Australia. Belakangan, koloni-koloni tersebut menjadi cikal-bakal kota-kota besar, utamanya di pesisir timur Australia, seperti Brisbane, Sydney, Canberra, hingga Melbourne di selatan. Sementara itu, di sisi barat dan utara yang sangat luas memiliki dua kota utama, yaitu Darwin dan Perth.

Kanguru

Sebagai benua terpisah di belahan bumi selatan, Australia menyimpan banyak kekayaan alam yang tak dijumpai di tempat lain. Yang terutama tentu saja kanguru, satwa marsupial (berkantung) yang menjadi icon Australia. Selain kanguru, hewan marsupial lain yang dapat ditemui adalah koala dan wombat. Sementara itu, burung khas yang hanya dijumpai di Australia adalah emu dan kookaburra. Jangan tanya tentang reptilia, karena Australia merupakan negara dengan sepesies reptilia terbanyak di dunia. Jika ingin menyimak lebih jauh kekeyaan alam Australia, luangkan waktu berkunjung ke Taman Nasional Kakadu.

Jika ingin menyimak wajah modern Australia, pastikan berkunjung ke kota-kota utama seperti Sydney dan Melbourne, Sydney Opera House merupakan bangunan iconic yang begitu menawan. Sampai-sampai arstiek kenamaan Louis Kahn pernah berujar, “Matahari tidak pernah tahu keindahan cahayanya sampai bias sinarnya dipantulkan oleh gedung ini.”

Jangan lupakan juga Perth, kota utama di sisi barat. Di sini pengunjung dapat menyimak suasana St Goerges Terrace di kawasan bisnis utama yang menawan kala malam atau menikmati pemandangan Swan River dengan angsa-angsa hitamnya. Sementara itu, beranjak ke utara, terdapat Darwin, kota yang menghadap ke Laut Timor sekaligus menjadi tetangga terdekat dengan wilayah Indonesia. Selain terkenal dengna pantai-pantainya yang indah, antara lain pantai Casuarina dan Mindil, kota ini juga memiliki banyak festival rutin yang menarik disimak.

Kiwi

Lebih jauh ke selatan, tepatnya sisi tenggara Samudera Pasifik, terdapat Selandia Baru. Terdiri dari dua pulau utama, Pulau Utara dan Pulau Selatan, populasi Selandia Baru mayoritas keturunan Eropa, ditambah penduduk asli suku Maori.

Kota-kota utama yang kerap dikunjungi di Selandia Baru, antara lain Auckland, Christchurch, dan Wellington. Auckland merupakan kota dengan populasi penduduk terbanyak di negara yang populer dengan hewan kiwi ini. Menariknya, kota gunung api ini dibangun dari aliran lava. Tak heran, erupsi panas bumi, tamasya alam, berpadu dengan bangungan-bangunan klasik menjadi atraksi wisata menarik. Hutan-hutan dan pantai-pantai terpencil menjadi pilihan lain bagi yang gemar berpetualang.

Kini semakin mudah berkunjung dan berwisata ke tempat-tempat di belahan bumi selatan ini. Jika berencana mengisi liburan akhir tahun atau hendak memasuki tahun baru di Australia dan Selandia Baru, anda dapat terbang bersama maskapai penerbangan Jetstar. Kunjungi Jetstar.com untuk infomasi lebih lanjut

 

This entry was posted in Perjalanan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s