Destinasi bagi Petualang Sejati

Diadaptasi by Karlinaauckland

Ada banyak lokasi yang eksotik dan menantang untuk dikunjungi di berbagai belahan dunia. Namun, jika mengaku berjiwa muda dan petualang sejati, setidaknya anda harus pernah menjejakkan kaki di Selandia Baru, terutama Kota Auckland.

Negara yang terletak jauh di belahan bumi selatan, tepatnya sisi tenggara Samudera Pasifik, terbilang kecil. Negara ini terdiri dari dua pulau utama, Pulau Utara dan Pulau Selatan. Total jumlah penduduknya juga kurang dari separuh warga Jakarta, yakni hanya sekitar 4,4 juta jiwa.

Auckland merupakan kota dengan populasi terbanyak di Selandia Baru, yaitu sekitar 1,3 juta jiwa. Kota ini memiliki serjarah menarik karena kental dengan semangat muda dan petualangan. Semangat itu dipersonifikasikan oleh sosok John Logan Campbell, salah satu pendatang dari Eropa yang pertama kali berdiam di Auckland.

Ketika tahun 1840 pertama kali menjejakkan kaki di Coromandel, pelabuhan di Semenanjung Coromandel, sekitar 75 km dari Auckland, Logan Campbell masih berusia 22 tahun. Ia meninggalkan tempat kelahirannya di Skotlandia untuk menjajal peruntungan di negeri yang jauh. Yang ia miliki adalah semangat dan tangan siap bekerja.

Logan Campbell kemudian menjadi salah satu tokoh yang ternama di Auckland. Selain sukses berbisnis, ia sempat menjadi direktur bank dan anggota parlemen Selandia Baru. Rumah pertama yang dibangun olehnya di Auckland, yaitu Acacia Cottage, masih berdiri hingga kini. Ia kemudia disebut sebagai “Bapak Auckland”.

Berbeda-beda

Jika berkunjung ke Auckland, dengan mudah anda mengetahui alasan Logan Campbell jatuh cinta dan semangat petualangannya membara. Di kota seluas lebih kurang dari 1,000 km persegi ini, pengunjung dengan mudah melompat dari satu petualangan ke petualangan lain yang sama sekali berbeda.

Sebut saja, saat ini anda sedang berdiri di tengah kota dikelilingi gedung-gedung pencakar langit dan mal. Dalam waktu kurang dari 30 menit, anda dapat berada di Pelabuhan Waitemata, siap berlayar menuju sala hsatu pulau di lepas pantai atau hendak memergoki kawanan lumba-lumba yang berenang di perairan sekitar. Sementara itu, kurang dari sejam dari pusat kota, anda sudah dapat menysurui perbukitan anggur atau melintas diantara hutan dan bukit yang dipenuhi aneka burung.

Auckland merupakan surge bagi burung dan satwa air. Sama halnya burung kiwi, yang menjadi symbol nasional, terdapat di bagian-bagian terpencil hutan dan hanya keluar pada waktu malam. Oleh karena itu, dibutuhkan keberuntungan untuk dapat menjumpainya. Pengunjung dapat menikmati kehidupan liar dengan menjelajahi Teluk Hauraki dan mengunjungi pulau-pulau serta pantai-pantai di sekitar Auckland.

Penjelajahan dapat dilakukan antara lain dengan kapal layar. Auckland memiliki jumlah perahu per kapita tertinggi dibandingkan tempat-tempat lain di seluruh dunia. Selain itu, aktivitas luar ruang lain yang popular di Auckland di antaranya bungy jumping, sepeda gunung, berkuda, trekking, mendaki bukit, memancing, dan sederet aktivitas pemompa adrenalin lainnya.

Belanja

Warga Indonesia dikenal sangat doyan belanja ketika sedang berkunjung ke Negara orang. Jangan khawatir, Auckland menawarkan beragam pilihan. Mulai dari fashion dengan harga diskon hingga butik haute couture, semua tersedia. Sebagai kota terbesar di Selandia Baru, jaringan toko merek global hadir di sini.

Untuk souvenir, terdapat banyak tempat yang menjajakannya disepanjang Queen Street di pusat kota Auckland dan di Pasar Victoria Park. Toko-toko umumnya buka dari pukul 9 pagi hingga 5 sore pada hari kerja. Namun, ingat, pada akhir pecan, mereka buka lebih siang, tetapi tutup lebih awal. Sementara itu, untuk wisata kuliner, bolehlah dicicipi. Auckland terkenal dengan kebun-kebun anggur dan rumah-rumah makan yang kerap memenangkan penghargaan Michelin.

Kini semakin mudah berkunjung dan berwisata ke tempat-tempat di belahan bumi selatan ini. Jika berencana mengisi liburan akhir tahun atau hendak memasuki tahun baru di Australia dan Selandia Baru, anda dapat terbang bersama maskapai penerbangan Jetstar.

This entry was posted in Destination and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s