Alam di Situgunung

Disadur oleh Karlina

Taman-Nasional-Gunung-Gede-PangrangoAyam belum berkokok ketika rombongan yang terdiri dari enam pemuda dari Jakarta tiba di suatu kawasan konservasi alam yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Kawaasan tersebut bernama Taman Wisata alam (TWA) Situgunung. TWA Situgunung masuk ke dalam wilayah Resor Situgunung yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sewaktu mereka menjejakkan kaki di taman wisata berukuran 100 hektar ini, belum terlihat keajaiban apa-apa. Waktu masih menunjukkan pukul 05.00, mentari pun masih asyik di peraduan. Saat itu, di area parkir I yang terdiri dari jejeran rumah kecil yang difungsikan sebagi warung tmapak beberapa mobil sedang diparkir.

Rombongan tersebut masih harus menunggu beberapa waktu. Ketika jam menunjukkan pukul 05.40, beberapa di antara mereka mulai memberanikan diri untuk melihat keadaan sekitar. Siapa sangka meski mentari baru setengah hati menampakkan diri, keajaiban mulai muncul dari biasan sinar mentari yang terlukis indah di balik rangkaian Gunung Gede Pangrango.

Cahaya keemasan sedikit demi sedikit mulai menyentuh daerah yang masih tidur tertutup kabut, pemandangan hampir seluruh pegunungan mulai terkuak, dan hangatnya sinar mentari mulai terasa di kulit. “Damai sekali melihatnya,” papar Diandra Dhea Astari (25), sala hsatu anggota rombongan pemuda dari Jakarta yangdimaksud.

Keunikan ekosistem dan vegetasi kawasan TWA Situgunung terletak pada bentang alam pegunungan, topografinya yang bergelombang sampai berbukit yang tertutup hutan ,serta telaga (situ). Kawasan ini berdaarkan perbedaan tumbuhan penyusunnya termasuk zona sub Montana, yang ditandai dengan adanya pohon-pohon besar dan tinggi, khususnya pohon dammar.

Di kawasan ini juga terdapat camping ground yang cukup terkenal, yakni Situgunung Park yang memiliki fasilitas camping bintang lima bernama Tanakita. Para pengunjung juga dapat melihat Danau situgunung dan Curug Sawer yagn memesona. “Mudah-mudahan, dengan adanya camping ground ini, para pengunjung dari Jakarta ataupun sekitar Sukabumi tidak usah terlalu jauh pergi berlibur untuk sekadar menikmati kesejukan dan keasrian daerah pegunungan,” terang Adam, salah satu pengurus Situgunung Park.

Melepas Lelah di TWA Situgunung

Kehadiran TWA Situgunung di Sukabumi membuka peluang bagi masyarakat untuk lebih dekat dengan alam. Taman ini terletak di kaki Gunung Pangrango, kecamatan Kadu Dampit, kurang lebih 16 kilometer sebelah barat laut kota Sukabumi, dengan luas 120 hektar dan ketinggian 850 mdpl. Selain keindahan pemandangan alam serta kekayaan flora dan fauna yang ada, kawasan ini menghadirkan beberapa area seru yang dapat dinikmati bersama keluarga dan kerabat terkasih.

This entry was posted in LANGGAM and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s