Air Panas Dendang Jadi Wisata Memancing

disadur kembali oleh Karlina

Batu alam berukuran besar mirip kura-kura di Pantai Romodong, berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Tanjung Penyusuk di Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Air Panas Dendang di Provinsi Bangka Belitung terkenal dengan panorama alamnya. Objek wisata ini oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan dijadikan objek wisata memancing.

“Objek wisata Air Panas Dendang yang terletak di Kecamatan Kelapa akan dijadikan kolam pemancingan, sehingga bisa dijadikan wisata minat khusus bagi wisatawan,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, dan Informatika Bangka Barat, Chairul Amri Rani di Muntok, Minggu (28/11/2010).

Air Panas Dendang, menurut Chairul, memiliki keunikan tersendiri yakni ada tujuh mata air panas alami yang memiliki kadar panas yang berbeda.

“Ada keunikan tersendiri dari Air Panas Dendang, yakni ada tujuh mata air yang memiliki panas yang berbeda yang diduga berasal dari gesekan batuan,” katanya. Chairul mengatakan, di sana ada udang berukuran kecil dan bewarna kemerahan karena berada pada sungai yang airnya panas.

Hingga saat ini pembangunan fasilitas penunjang di sana belum dilaksanakan maksimal karena masih terkendala pembebasan lahan.

“Saat ini fasilitasnya masih kurang memadai karena masih terkendala pembebasan lahan tetapi kita tetap berdiskusi dengan masyarakat dan di sana sudah ada jembatan penghubung yang memudahkan wisatawan berkunjung,” katanya.

Menurut Chairul, Air Panas Dendang sudah banyak dikunjungi masyarakat yang ingin menikmati air panas dari mata air alami.

“Saat ini sudah banyak yang mengunjungi air panas Dendang, dan kita akan terus mengupayakan agar tidak hanya masyarakat lokal saja yang datang ke sana tetapi wisatawan asing,” katanya.

This entry was posted in ragam and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s