Panduan Berlibur

Kenangan Melihat Sakura dan Tulip Bermekaran

Oleh Karlinakeukenhof-tulip

BERWISATA alam menjadi tujuan utama banyak orang untuk refreshing. Jika melakukan wisata alam ke luar negeri, hal yang ingin didapatkan adalah pemandangan yang berbeda dari Tanah Air. Pada periode awal tahun, tepat memasuki musim semi pada Maret-Mei, salah satu wisata alam yang dapat dilakukan adalah menyaksikan beragam bunga khas seperti sakura dan tulip bermekaran.

Sakurajapan-sakura

Menyaksikan keindahan bunga sakura saat mekar menjadi incaran banyak orang. Jepang menjadi negara utama tujuan wisatawan asing untuk melihat kesempatan setahun sekali ini. Di Jepang terdapat sebuah tradisi yang disebut dengan hanami. Hanami berasal dari hana wo miru yang berarti melihat bunga atau ohanami. Inilah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya sakura. Selain itu, hanami bisa diartikan sebagai piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura. Unik bukan?

Salah satu tempat yang tepat untuk menyaksikan bunga sakura bermekaran adalah Gunung Fuji: Ketika musim semi datang, bunga sakura mekar indah di tanjung kecil yang disebut Ubuyagasaki. Tanjung ini terletak di pantai timur danau yang menjorok kea rah gunung fuji. Titik ini menjadi situs yang terkenal untuk menikmati Gunung Fuji, bunga sakura, dan kejernihan air Danau Kawaguchi.

Catatan : Sekitar 20.000 orang mendaki gunung fuji setiap tahunnya, 30 persen di antaranya orang asing. Wkatu yang paling populer bagi para pendaki adalah dari 1 Juli hingga 27 Agustus.

Selain jepang, Korea Selatan ternyata memiliki keindahan bunga sakura. Pulau Jeju menjadi tempat yang paling banyak memiliki bunga sakura. Festival Bunga Sakura Jeju, begitu nama festival yang berlangsung di Jeju dalam rangka menyambut mekarnya bunga sakura. Oleh karena itu, saat musim semi datang, kecantikan Jeju pun berlipat. Sakura di Jeju adala hjenis bunga dengan kelopak terbesar. Pesona inilah yang akan memanjakan pengunjung Jeju Cherry Blossom Festival yang biasanya dilaksanakan pada Maret-April.

Berbagai acara digelar saat Festival Bunga Sakura Jeju. Selain menikmati keindahan bunga sakura, para pengunjung bisa menonton konser terbuka yang gratis. Konser ini bertempat id depan Sport Complex Plaza. Selain itu, ada berbagai makanan tradisional yang mendirikan stan di area konser. Festival ini juga menggelar berbagai konser jazz, konser rakyat Jeju, konser instrumental, dan berbagai pertunjukan lain. Masih di festival yang sama, pengunjung berkesempatan untuk mellihat beberapa panorama Jeju yang ditumbuhi bunga liar. Pemandangan ini tidak kalah indahnya dengan beberapa sudut Jeju yang dipenuhi bunga sakura bermekaran. Ah-Indahnya!Sungguh memesona.

Tulip

jardine

jardine

Bukan hanya di Belanda, bunga tulip pun bermekaran dengan indah di Turki. Ternyata bunga tulip memang berasal dari Turki. Dalam bahasaa Turki, tulip disebut lale. Bunga ini adalah kebanggaan bangsa Turki. Pada abad ke-16, orang Eropa seperti Belanda membawa bunga ini ke negara mereka setelah semapt menyaksikan keindahan bunga ini di kekaisaran Ottoman.

Jika musim tulip tiba, taman-taman akan dihiasi ankea jenis tulip. Di Istanbul, Taman Emirgan, adalah tempat yang tepat untuk melihat bunga t ulip mekar. Luas Taman Emirgan ini mencapai 470.000 meter persegi dan terletak di daerah Sariyer. Sementara itu, di Gaziantep, para pengunjung dapat menikmati mekarnya bungan tulip di Taman Botanik.

Bukan hanya di taman-taman kota tukri, bung tulip juga tumbuh dengna alami nan indah di pinggir-pinggir jalan. Dengan Bosphorus Cruise, misalnya sembari menikmati pemandangan yang indah melewati istana-istana dan bangunan –bangunan dengan arsitektur khas Ottoman, benteng-benteng, rumah kayu tradisional, dan vila modern, kehadiran bunga tulip pun dapat dilihat melalui perjalanan ini.

Beralih melihat keindahan bunga tulip di Belanda melalui Taman bunga Keukenhof. Taman ini terletak di Lisse, Belanda atau sekitar 1 jam menggunakan bus dari Amsterdam. Taman ini memiliki koleksi lebih dari 7 juta bunga tulip, daffodil, hyacinth, serta jenis lainnya. Bayangkan keindahan bunga tulip!

Dulu, taman ini merupakan bekas areal berburu sebelum akhirnya diubah menajdi taman bunga. Andala n di taman ini ialah koleksi bunga tulip yang sangat beragam. Dalam setahun, Taman Bunga Keukenhof hnya dibuka selama tiga bulan, yaitu mulai Maret sampai dengan Mei. Taman dengan luas sekitar 80 hektare ini juga merupakan taman bunga terbesar di Eropa sehingga dijuluki “The Garden of Europe”. Tidak mengherankan jika Keukenhof ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer di Belanda.

Oleh karena itu, bersiaplah memasuki bulan Maret dengan penuh suka cita karena bulan ini menjadi bulan yang tepat untuk anda yang ingin melihat mekarnya bunga sakura dan tulip. Segera rancang impian anda ke Jepang, Korea Selatan, Turki, dan Belanda bersama Tour Operator kesayangan anda. Biro perjalanan ini siap menjadi rekan solutif selama perjalanan wisata anda berlangsung

This entry was posted in INTERMESO and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s