8 Inspiring Natural Wonders

thingvellir-icelandone corner of the national park Thingvellir, Iceland

disadur oleh Karlina

‘All things are artificial, for nature is the art of God’, demikian ungkapan Thomas Browne, pengarang ternama Inggris abad ke-17, memuji keindahan alam. Tuhan memang telah mencurahkan sedikit dari kreativitasNya menciptakan berbagai keajaiban alam yang masih dapat anda kunjungi hingga saat ini. Delapan destinasi pilihan TravelerGuidance.Blogspot.Com berikut ini akan membuka mata anda tentang ragam keindahan dunia yang belum terjamah tangan-tangan jahil.

Rangiroa, Polynesia, Samudera Pasifik

RangiroaJika menggunakan pesawat dari Tahiti menuju pulau ini, dalam satu jam anda akan melihat gugusan karang membentuk sebuah kalung mutiara raksasa berlatar laguna berwarna torquise. Pulau Rangiroa, masyarakat setempat menyebutnya Tuamotu, adalah  gugusan pulau karang terbesar  kedua di dunia. Membentang sepanjang 42 mil, pulau Rangiroa adalah surga bagi para pencari sinar matahari dan eksotisme pantai terpencil. Kegiatan favorit tentunya adalah snorkeling dan scuba diving di sekitar pulau, ditemani beribu ikan dalam balutan warna dan bentuk yang mencolok, termasuk juga beberapa jenis hiu. Menggunakan kapal, anda dapat mengunjungi suaka burung di Motu Paio dan “Blue Lagoon” yang terkenal di Toeo’o. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Tiputa yang memiliki pusat kerajinan, restoran lokal, dan beberapa toko suvernir serta penyewaan alat olahraga air.

 Yosemite National Park, Amerika Serikat

Yosemite-National-Park1Yosemite national Park adalah temapt yang terkenal dengan tebing-tebingnya yang dramatis, air terjun yang spektakuler, serta biodversitas flroa dan fauna. Bebatuan raksasanya terbentuk lebih dari 10 juta tahun yang lalu, menjadi daya tarik utama taman nasional yang terletak di California ini. Menempati area sekitar 762 hektar, Yosemite National Park terbagi menjadi 5 zona vegetasi, yakni Chapparal atau Oak Woodland, Lower Montane, Upper Montane, Subalpine, dan Alpin, Yosemite national Park adalah rumah bagi 160 tumbuhan langka, belum termasuk 20% dari 7000 jenis tumbuhan yang ada di California. Taman nasional ini dikunjungi lebih dari 3,7 juta wisatawan tiap tahunnya, terutama untuk summer camp. Selain camping, anda juga bisa menjajal kemampuan fisik dengan menaklukan hiking trails sepanjang lebih dari 1200 kilometer!

 Simien Mountains National Park, Ethiopia

Simien Mountains National Park4Taman Nasional ini pada dasarnya dibuat untuk melindungi Walia Ibex, sejenis kambing liar yang hanya tinggal di dataran tinggi ini. Namun, kekayaan alam yang dimilikinya membuat Simien Mountain National Park menjadi tempat terbaik untuk melihat satwa langka Afrika seperti Gelada Baboon, Ethopian Wolf dan Simien Fox yang sangat jarang ditemui. Selain itu ada lebih dari 50 spesies burung yang bisa ditemukan di sini. Puncak Ras Dejen (4620 m) dari rangkaian pegunungan Simien merupakan puncak tertinggi keempat di benua Afrika. Salju dan es tampak mewarnai puncaknya, yang membawa temperatur jatuh di bawah titik beku pada malam hari. Untuk masuk taman nasional ini dibuuthkan izin dari Wildlife Conservation Department.    

Danau Titicaca, Peru dan Bolivia

titicaca peruSelain didaulat sebagai danau tertinggi di dunia (3811 mdpl), Danau Titicaca juga kaya akan unsur tradisi dan budaya masyarakat setempat. Terdapat 41 pulau yang berpenduduk cukup padat. Beberapa pulau berpenghuni antara lain adalah Amantani, Taquile, isla Del Sol, Isla De La Luna, dan Suriqui. Uniknya, beberapa pulau dibuat secara sengaja oleh penduduk setempat, terbuat dari sejenis tumbuhan alang-alang yaitu totora. Pulau buatan tersebut disebut uros. Amantani adalah pulau yang berpenduduk paling padat. Pulau ini memiliki dua puncak gunung yang di lembahnya ditanami gandum, kentang, dan berbagai jenis sayuran. Tradisi kerajinan tangan membuat Pulau Taquile dianugrahi predikat “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Huminity” oleh UNESCO. Para pria biasanya membuat rajutan sementara para wanitanya membuat benang dan menenun. Selain rumah penduduk, anda juga bisa menginap sambil menikmati keindahan danau ini dari kota Puno di Peru.  

 Raja Empat, Indonesia

raja-ampat1Saat ini, Kepulauan Raja Ampat kerap menjadi trending topic para traveler Indonesia. Betapa tidak, sekitar 1500 pulau yang tergabung di dalamnya menaungi taman nasional bawah air terbesar di Indonesia, sekaligus sebagai tempat dengan biodiversitas bawah laut terkaya di dunia. Terletak di sebelah baratl laut “kepla burung’ Papua, kepulauan Raja Ampat memiliki 4 pulau besar yaitu Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Keanekaragaman flora dan fauna di kepulauan Raja Ampat salah satunya dipicu oleh posisinya yang berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Lautnya menjadi rumah dari sekitar 1.309 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 spesies moluska. Di Raja Ampat, anda dapat melakukan kegiatan bawah air seperti snorkeling dan diving di antara tebing-tebing di kedalaman lautan. 

Iguazu Falls, Brazil dan Argentina

iguazu-waterfallsSungai Iguazu yang membentang mulus sepanjang 1200 km, membelah Brazil dan Argentina, hingga mencapai satu titik penuruan tanah drastis yang membuatnya terpecah menjadi 270 air terjun alamiah adalah salah satu panorama terbaik dunia. Tempat favorit untuk menyaksikan pemandangan ini adalah di footbridge dengan balkon langsung menghadap Devil’s Throat, air terjun terbesar dengan suara arus airnya yang menderu kencang. Terdapat dua jalan untuk menikmati Iguazu falls, yaitu melalui lower path ke dasar air terjun untuk langsung merasakan cipratan jernihnya air atau melalui upper path, terhubung langsung dengan footbridge, anda daapt melihat lansung pemandangan memukau air terjun yang membentuk setengah lingkaran raksasa. Opsi lain adalah dengan menyewa boat untuk menelusuri sungai Iguazu dan melihat ragam flora dan fauna yang hidup di ekosistem ini.

Abisko National Park, Swedia

Abisko National Park1Mungkin aurora menjadi salah satu alasan anda bermimpi Arktik dan Antartika. Pendaran cahaya yang disebabkan oleh perubahan energi partikel atom ini mengingatkan kita akan film science-fiction. Tak perlu mencapai kutub jika anda dapat melihat fenomena aurora langsung di Abisko National Park, Swedia. Para summer hikers dapat menikmati midnight sun dengan nuansa pancaran sinar matahari di tengah malam. Sementara aurora borealis dapat dilihat oleh para pendatang pada musim dingin. Dari sini anda yang gemar hiking dapat menyusuri rute Kungleden sepanjang lebih dari 400 kilometer di kawasan pegunungan Skandinavia. Anda juga dapat mengunjungi puncak Gunung Noulja menggunakan ski lift untuk menikmati pemandangan seputar taman nasional ini. Dari Stockholm, Abisko dapat ditempuh dengan kereta selam 17-19 jam. Pastikan anda berhenti di Abisko Turistation, dua menit dari Kota Abisko. Di sini terdapat toko, restoran dan penginapan dengna harga yang cukup terjangkau.

Jiuzhaigou, China

Jiuzhai - HuanglongMenyandang julukan “King of Chinese Water Scenes”, Jiuzhaigou merupakan gabungan ekosistem alam pegunungan, lembah, air terjun, dan danau yang menghasilkan gradasi warna bak lukisan. Hampir tiap sudut Jizhaigou memiliki postcard secenes yang kehadirannya mewarnai provinsi Sichuan. Titik paling memukau adalah gabungan dari tiga lembah yang membentuk huruf Y, erdiri dari lembah Shuzheng, Rize, dan Zechawa. Di antaranya, 1018 danau dengan sentuhan miroor looks di airnya yang eksotis. Sebagai World Natural Culture Heritage yang dipersembahkan oleh UNESCO, Jiuzhaigou adalah masterpiece dari sebuah taman alami. Jizhaigou atau nine village valley memiliki 220 jenis spesies burung, giant panda, Sichuan golden monkey, juga beberapa jenis anggrek langka. Kawasan ini dulu dihuni oleh penduduk Tibet dan Qiang selama berabad-abad, namun baru ditemukan dan dikenal oleh masyarakat luas pada 1972. terdapat transportasi bis untuk mencapai tempat ini, yaitu dari airport Jizhaigou (dengan jarak sekitar 88 km menuju tempat wisata).

 

 

This entry was posted in journey and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s