Brazil

Sisi Lain Brasil

Adaptasi oleh Karlina

iguacu waterfalls

iguacu waterfalls

Brasil merupakan salah satu negara dengan luas terbesar serta terpadat penduduknya di kawasan Amerika Selatan. Nama negara itu diambil dari nama sejenis kayu lokal. Sebagai bekas koloni Portugal, tidak heran jika bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Negeri latin itu dikenal juga sebagai pengahasil kopi terbesar di dunia.

Budaya Brasil termasuk multietnis. Beragam penduduk aslinya datang dari kawasan sekitar maupun Portugis dan semenanjung Afrika. Negara yang terkenal akan tari Samba itu mempunyai berbagai macam tempat wisata, seperti patung Yesus O Cristo Redentor setinggi 30 meter yang terletak di atas Bukit Corcovado di Rio de Janeiro. Dari atas puncak Bukit Corcodova terlihat jelas Rio de Janeiro dengan Pantai Copacabana yang terkenal.

Selain Pantai Copacabana, juga terdapat beberapa pantai lain, sepeti Pantai Ipanema dan Leblon. Keramahan penduduk lokal kota Rio de Janeiro byang biasa disebut Cairoca membuat para wisatawan betah berlama-lama. Kota itu pun mempunyai dua bukit yang menjulang tinggi yang disebut Sugar Loaf. Terdapat kereta gantung yang menghubungkan kedua bukit itu. Bukit Sugar Loaf adalah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi setelah Pantai Copacabana.

Beralih ke sebelah selatan Brasil yang berbatasan dengan Argentina, terdapat air terjun terbesar ketiga di dunia setelah Air Terjun Niagara di Kanda dan Victoria di Zimbabwe. Namun, jika diukur dari segi keindahan, Air Terjun Iguacu dapat dikatakan paling indah. Air Terjun itu merupakan sekelompok air terjun yang berjumlah 275 buah yang membentang sepanjang 2,5 kilometer, sekaligus sebagai tanda batas antara Brasil dan Argentina.

Untuk urusan kuliner, ragam makanan banyak terdapat di Salvador de Bahia, sebelah timur laut Brasil. Moqueca dan Vatapa adalah hidangan ikan laut dan udang yang dimasak dengna minyak sawit dende dan santan kelapa. Kedua menu makanan itu dimasak dengan bumbu minimalis, seperti bawang bombay, bawang putih, jahe, cabai, tomat, daun ketumbar, garam, dan merica.

Brasil juga merupakan negara yang kaya dengan festival. Terdapat berbagai macam festival kelas dunia, seperti karnaval di Rio de Jainero. Karnaval itu merupakan acara tahuanan yang menampilkan parade busana serta pertunjukkan kesenian dan budaya di jalan raya. Banyak karnaval di berbagai belahan dunia terilhami dari karnaval di Rio de Jainero.

Negeri tempat para pesepakbola hebat tersebut sungguh layak untuk didatangi. Bersantai di Pantai Copacabana sambil menikmati hembusan angin serta mendengarkan alunan musik samba akan membuat siapa saja terlena. Atau, menyaksikan pertarungan capoiera yang artistik dan tangguhnya Jiu-Jitsu dapat membuat adrenalin semakin terpacu.

This entry was posted in Perjalanan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s