Belanja Tanpa Harus Keluar Rumah

Oleh Karlinablibli

PELESIR pada akhir pekan adalah hal yang jamak dilakukan. Jika tak keluar kota, cuci-mata keliling-keliling kota tak jadi soal. Kalau kebetulan ada yang hendak dibeli, boleh juga sekalian belanja. Namun, setelah seminggu penuh bergulat dengan pekerjaan untuk menghidupi diri,keluarga dan aktivitas lainnya, tidak sedikit orang yang enggan keluar rumah. Apalagi kalau bulan muda, jalanan ibu kota bisa macet oleh warga yang berpelesir.

Meski demikian, bagi yang tetap ignin berbelanja, keluar rumah tak mesti menjadi keharusan. Pasalnya, belanja sekarang dapat dilakukan sembari duduk santai di rumah, atau bahkan di sela-sela waktu bekerja di kantor. Tinggal memilih produk yang diinginkan melalui internet, baik yang diakses melalui komputer maupun ponsel pintar, lakukan pembayarn, dan dalam hitungan jam atau hari, barang pun diterima.

checkout-amazonModel berbelanja seperti ini sebenarnya sudah dimulai ketika belanja via pos atau telepon. Konsumen memilih barang yang diinginkan pada catalog atau menghubungi tenaga penjualan melalui telepon, barang pun dikirim via pos. namun, hadirnya internet dan kemudian ponsel pintar mengubh secara radikal cara orang berbelanja.

Hal ini juga didorong oleh tumbuhnya toko-toko online, khususnya yang menjual buku dan produk music dan audio.  Pada perkembangna, produk seperti farmasi atau makanan cepat saji pun memanfaatkan model bisnis ini. Tak ketinggalan, binisi ini juga membutuhkan dukungan layanan pengantaran dan pembayaran elektronik.

Untuk ponsel pintar, kini banyak tersedia aplikasi belanja online, sebut saja di antaranya Amazon, Groupon, Ebay, atau Shop. Untuk kawasan Asia Tenggara dan Indonesia, ada pula aplikasi dari toko online semisal Lazada, Zalora, atau Blibli.com

Soal harga, toko-toko online cukup bersaing. Bahkan, tak jarang ada program diskon sehingga harganya bisa lebih murah ketimbang datang ke toko. Untuk keamanan transaksi, biasanya toko-toko online ternama menggunakan  teknologi enkripsi yang canggih sehingga datu kartu kredit konsumen aman. Bahkan, kalau tidak mau menggunakan kartu kredit atau transfer, untuk produk-produk tertentu sejumlah toko tertentu memberi opsi untuk pembayaran di tempat (cash on delievery). Mudah kan, dan tentunya keamanan terjamin, happy shopping!.

This entry was posted in ragam and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s