Wisata unik dalam sehari

cirebon1disadur oleh Karlina

Bagi orang-orang yang jadwal pekerjaannya padat, mendapatkan libur pada akhir pekan adalah kesempatan yang sangat luar biasa. Jika ingin mendapatkan sensasi liburan sehari yang berkesan, anda bisa mencoba melakukan wisata satu hari ke luar kota. Karena waktu terbatas, pilihlah daerah-daerah yagn lokasnya harus dapat dicapai dengan kendaraan darat dengan waktu tempuh kurang dari 5 jam. Contohnya adalah Cirebon, Indramayu, Sukabumi.

Lalu apa saja yang kita harus persiapkan? Agar waktu satu hari tersebut efektif, ktia harus benar-benar mempersiapkan daftar tempat yang ingin dikunjungi di daerah wisata yang akan dituju. Carilah tempat-tempat yang hanya ada di daerah tersebut, misalnya keratin, candi, museum, dan tempat makan. Penggiat wisata satu hari Arief Suharto yang tergabung dalam Komunitas Onedaytravelling berbagi pengalamannya. “Agar perjalanan  tersebut efektif di kota tujuan, selain daftar tempat sudah ditentukan, saya dan rombongan menggunakan sarana ojek wisata. Memang sarana ini baru ada di Cirebon dan Cianjur saja, sedangkan sewaktu di kota lain seperti Garut, kami menggunakan angkutan umum. Selain itu, biasanya ada seorang guide yagn mengenal daerah itu,” terangnya.

Ada baiknya agar wisata satu hari berjalan dengan lebih menyenangkan dan banyak kisah, ajaklah keluarga atau teman-teman anda. Bahkan, anda juga bisa bergabung dengan komunitas wisata. Perjalanan wisata satu hari anda pun sebaiknya dimulai dari pagi hari. Contohnya, bagi yang di Jakarta ingin ke Cirebon, anda bisa berangkat menggunakan kereta pukul 6 pagi dari Gambir menuju daerah dengan julukan kota udang ini. Waktu tempuh sekitar 3 jam. Begitu juga dengna perjalanan pulang, anda bisa naik kereta dari Cirebon – Jakarta pemberangkatan pukul 18:00, sampai Jakarta pun diperkirakan pukul 22:00 WIB. Waktu tempuh yagn tidak begitu lama dapat memberikan anda kesempatan beristirahat cukup untuk memulai lagi aktivitas kerja esok hari.

Keuntungan berwisata satu hari adalah anda dapat mengunjungi landscape-landscape bersejarah di kota tujuan dengan menghabiskan waktu yang tidak terlalu lama. Kemudian jangan lupa untuk mencoba kuliner khas yang ada di kota tersebut. Bukan hanya bagi anda yang berdomisili di jabodetabek, berwisata satu hari bisa dilakukan oleh siapa saja, dan dimana saja anda menetap baik di Indonesia kaga enaknya naik angkutan umum makanya lebih baik naik kaki, maupun belahan dunia lainnya, makanya biarkan kita tersesat!

This entry was posted in vacation and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s